Overview

Setiap tim diberikan beberapa paparan permasalahan yang masing-masing akan disertai dengan contoh input/output-nya. Program yang dikirimkan peserta akan diuji oleh juri dengan menggunakan set data khusus (tidak diberikan kepada peserta). Untuk setiap program yang gagal, juri hanya akan memberitahukan status kesalahan program tersebut tanpa menginformasikan detil atau testcase yang membuat program tersebut gagal. Tim yang menyelesaikan soal paling banyak dengan jumlah pinalti waktu terkecil akan keluar sebagai pemenang kontes ini.

Kontes ini serupa dengan ACM-ICPC baik dari segi sistem maupun jenis soal yang diperlombakan. Peserta bisa mempersiapkan diri dengan berlatih dari online-judge yang ada, antara lain:

Soal

Setiap soal akan diberikan dalam bahasa Inggris dan akan berisi:
Deskripsi Soal:latar belakang dan paparan masalah.
Spesifikasi Input:spesifikasi untuk input, batasan/constrain dan formatnya.
Spesifikasi Output:spesifikasi untuk output dan formatnya.
Contoh Input-Output:contoh input/output yang harus dihasilkan oleh program.

Materi

Secara garis besar materi soal yang akan dikeluarkan pada INC 2011 serupa dengan kontes ACM-ICPC. Berikut adalah beberapa topik yang termasuk tapi tidak terbatas pada materi soal INC 2011:

Jumlah Soal dan Durasi

Qualification Round:5-6 soal, 3 jam.
Final Round:8-10, 5 jam.

Input-Output

Program/RUN yang dikirimkan harus membaca dari standard input dan menulis ke standard output.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C/C++ atau Java (lihat ketentuan compiler di bawah). Peserta bebas memilih salah satu dari bahasa tersebut untuk menyelesaikan masing-masing soal.

Compiler

Pilihan compiler yang disediakan adalah:
C/C++:GCC (MinGW dengan IDE DevC++)
Java:Java 6

RUN

RUN adalah program jawaban yang dikirimkan oleh peserta kepada juri. Setiap RUN akan dinilai dan hasilnya akan diberitahukan langsung kepada peserta tersebut ketika kontes berjalan. RUN yang benar akan disebut sebagai ACCEPTED sementara yang salah akan disebut sebagai REJECTED. Setiap Rejected Run akan disertai salah satu informasi berikut:

Batasan Waktu RUN (Time Limit)

Batasan Waktu RUN adalah waktu eksekusi maksimum yang diizinkan pada sebuah RUN untuk menghasilkan output dari semua input yang diuji. RUN yang tidak berhenti/terminate setelah melebihi batas waktu akan dianggap REJECTED dan diberi status Time Limit Exceeded. Batasan Waktu RUN akan dicantumkan di setiap soal.

Permintaan Klarifikasi

Setiap tim boleh mengajukan klarifikasi soal ketika kontes berlangsung dengan menggunakan sistem yang tersedia. Jika tim juri setuju bahwa soal tersebut mengandung pernyataan ambigu atau ada kesalahan, maka klarifikasi tersebut akan diinformasikan ke semua tim.

Kualifikasi Babak Final

10 tim teratas berdasarkan scoreboard di babak penyisihan.

Perlengkapan Peserta (Babak Final)

  1. Tidak diperbolehkan membawa barang elektronik dalam bentuk apapun (handphone, kamus elektronik, disket, flash disk, kalkulator, dll). Peserta bisa menitipkan tas dan barang-barangnya di ruangan kontes.
  2. Peserta diperbolehkan membawa kamus dalam bentuk buku tercetak (bukan digital).
  3. Peserta diperbolehkan membawa alat-alat tulis (pen, pensil, penggaris, busur, jangka, dll), kecuali kertas kosong.
  4. Setiap tim akan disediakan kertas kosong (untuk coretan) oleh panitia.
  5. Setiap tim diperbolehkan membawa referensi tercetak dengan ketentuan: